Oleh: saya | 2 November 2007

Safari Bima

Perjalanan (safari) keliling Bima adalah salah satu agenda Mudik Bareng 2007. Perjalanan ini dimaksudkan untuk melihat langsung bagaimana keadaan daerah Bima saat ini. Tentu tidak semua daerah bisa dikunjungi karena luasnya wilayah Kabupaten Bima. Namun daerah yang menjadi target perjalanan adalah Karumbu yang dilanjutkan ke Sape dan Wera.

Dipilihnya rute ini didasarkan pada beberapa alasan:

  1. Pada tahun 2006, beberapa rekan Samada Angi sudah melakukan perjalanan/kunjungan ke kecamatan Donggo yang berada di sebelah barat/utara. Karumbu-Sape-Wera berada di sebelah selatan-timur kabupaten Bima.
  2. Pak Muhammad, moderator group Samada Angi berasal dari Karumbu, serta banyak lagi rekan-rekan di group Samada Angi yang berasal dari Karumbu. Karumbu menjadi makin populer karena banyak “orang pintar” berasal dari sana.
  3. Kenyataan di masyarakat Bima sendiri, rata-rata sudah pernah mendengar nama Karumbu. Orang dari desa atau daerah lain di selatan cenderung menyebut asalnya dari Karumbu, walaupun bukan (tidak tepat) berasal dari Karumbu.
  4. Saya melihat dari Google Earth ada jalan di daerah selatan yang mengarah ke timur. Saya menduga itu pasti jalan dari Karumbu ke arah Sape, dan dugaan ini benar. Ada seorang saudara saya ternyata pernah melewati jalan tersebut.

Seperti apa Karumbu? Itulah pertanyaan dalam hati saya, karena saya memang belum pernah sampai ke Karumbu. Sepertinya, sebuah nama besar di masa lalu.

***

safari-1.jpg

Dua mobil, 15 orang, kami melihat masa lalu dan masa depan

 

 

 

Iklan

Responses

  1. de lingi adeku edaku rasakamanaeeeeeeeeeeeeee mada doho e ara korea dulajampa samporo wali dan semoga bima center tetap maju

  2. Sayang Nih..Dw gak jadi ikut,maaf ya Jannah..schedule diluar perkiraan… :-(
    Tapi Dewi punya beberap Foto Doro Wera dan Pantai Ambalawi nih,Belum sempat dimuat cerita dan dok-nya..InsyaAllah soon….

  3. Gpp kak Dewi, insya Allah lain kali mudah2an umur panjang, Amin….

  4. Bune haba sausara Haer, terimakasih wara tunti mandake ndedi loa baca mena ba cou ncau ma ngaku dou mbojo. Kombi lebih taho wali tambasi potensi2 daerah mbojo dari segi pandang okonomi taupun investor bai na da ndadi kota terpencil santoina. Ndawi website ma lebih interaktif, informatif, kebijakan pemda setempat dan di Update ncau sesuai perkembangan. Sebenarna mboto dou ma sodi potensi Mbojo ndedi tempat usaha, pala wati loa pu jawab karena watipu eda wali mbojo saat ake, pala suatu saat ndai akan dula aka mbojo dengan modal untuk investasi (Jufri dou Sape : Rangga_hola@yahoo.co.id)

  5. Mada ne’e bade no tlp Aba Ra’u, aba Didik, aba Hari Garuda, aba Sedo Poro, Muzakir sila, qoumidin dompu, hari kirana, haer, gunawan, salahudin dan sara’ana lulusan Malang tahun 2001 kebawah, mohon informasikan ke no (0341-6351362, 081555715160 atau Rangga_hola@yahoo.co.id

  6. brilliant, sebaiknya himpun tulisan-tulisan dari para tokoh bima yang tersebar luas diluar bima. mereka pasti kompeten. muat profilnya, sebagai figur panutan. salam kenal dari lamada kaso.

  7. syukur alhamdullih wara website ake di maka wara kai angi, wara sodi kai angi ampo bade rasa ro dana mobojo walau wati eda pahu angi. salam pata angi ru,u lenga2 mbojo di rasa dou, ake ndaiku wunga studi di joga. mudah2n lenga doho ma merantau suksus semua. lembo ade mori dirasa dou. salam buat lenga doho mataram moga sukses semua.

  8. bune haba lenga doho “kosmip”?????? ary, budud, edi can, bram, fali, lili. sella,heni, fatun, umar dkk. ndadi guru kataho…… lingi ade anaa…… wati wara lenga wali. semoga makin kompak aj. aina neva angi.

  9. Ass… santabe ncoreta sa mena naweki di lenga doho kaso sama mbojo, mada kaso merasa bersyukur kai warakaina website ndai ake, kombisi diwara kai naake ederu ncai pata ro angi kai ndai maroci cina ro angi ndai mbojo di rasa dou. MAI TA KASABUA ADE KATAHO DANA RO RASA!!! salam kenal dari lamada kaso dou. Wass..

  10. saya ucapkan terima kasih banyak. kepada pemerintah Bima sudah ingin maju. dengan ini kita bisa berkomunikasi ” walau jauh dimata tapi dekat dihati”. lenga sara’a dana mbojo, mai mena taka lu’u nggahi dan mboto mbei masukkan dan kritikan yang bersifat konstruktif pada pemerintah mbojo. supaya ndai mbojo dikatakan primitif/miskin informasi. (Bahtiar-kempo. Dosen IAIN Mataram)

  11. salam kangen dari jauh. saya belum tahu betul perkembngan dana mbojo 3 tahun terakhir. namun dengan adanya situs dan informasi ini saya mudah berinteraksi dengan teman mbojo diseluruh dunia dan dapat melihat mbojo melalui informasi ini. mai kaboro weki dan kasabua nggahi. (Bahtiar Kempo) e-mail:bahtiar79@gmail.com

  12. Ass Wr Wb.
    Bagi cina ro angi yang mudik bareng, jangan hanya muter2 dan foto bareng aja dunk, kalo bisa di setiap rasa ro dana yang di lewati musti ada potensi alam yang belum di gali dan dikembangkan, tolong tunti sato’i paling tidak ada peluang apa yang bisa di kembangkan di daerah tersebut terutama dari sisi ekonomi nya dunk. Mungkin seperti di karumbu yang terletak di teluk waworada ada beberapa potensi yg masih harus di kembangkan lagi seperti potensi perikanannya begitu juga ketika melewati daerah sape dg potensi pertanian, perikanan, peternakan serta daerah kawasan wera dan lain sebagainya. kalo kaboro weki hanya buat jalan2 aja sie memang enaaaak aja. tetapi hasilnya hanya pingin ngaha sia dungga dan uta salepe. akan lebih porduktif lagi kalo oleh2nya berupa informasi potensi alam bima yang bisa di jual ke investor yang pada akhirnya di harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dou mbojo secara keseluruhan.
    sanede waupa usul mada doho kaso, mada siap untuk kaboroweki juga. “mboto kangampu di samena weki”, semoga kegiatan kaboroweki kedepan bisa menghasilkan sesuatu yang kongret dan bisa di rasakan langsung manfaatnya ru’u “dana ro dou mbozo”, amien

    Wassalam
    Aba jelo
    dou karumbu
    Mataram

  13. Wass…wr..wb
    Salam Kenal Aba jelo….? terima kasih usulannya tapi ga enak juga usulannya soalnya diawali dengan koment n kritik yang agak gimana githu…hehe tapi sekali lagi makasih. Bagi kami yang kemarin mudik bareng itu, untuk awalannya kami memang berniat untuk keliling-keliling untuk melihat kondisi dulu sambil kita juga menggali informasi. mungkin aba jelo cuma lihat fotonya aja ya…infonya ga kebaca kali ya…is oke. karena memang hanya foto yang bisa dijadikan bukti…untuk selanjutnya! mari kita sama-sama kita pikirkan !
    Oh yah, sebagai orang karumbu, potensi perikanan yang ada di teluk waworada mungkin bisa share ke teman-teman, mungkin ita lebih paham dan mengetahui. Kalo dulu sempat wara ombo kapanto tapi Yang sangat disayangkan, yang transmigrasi yang banyak sebagai pengelolanya sedangkan sdm yang ada di karumbu lebih memilih jadi pns. semua jurusan rame-rema ngambil akta 4 demi dapat sk pns padahal potensi pertanian, perikanan dll lebih prospek, apalagi untuk mencoba jadi wiraswasta atau menciptakan usaha dari potensi yang ada. BELUM ADA :-(

    Jannah
    Karumbu-Nae.
    Jakarta

  14. ass….
    santabe ta salam kenal diru’u dou sar’a pernah wara di blog ini..!
    Mada dou rabakodo kul di martaram…dan sekarang kul di unram.
    harapan mada di ita doho semoga situs bima ini akan menjadi awal yang baik tuk perkembangan dan pambangunan bima kedepan… Amin……!

    salam dari Ikatan Mahasiswa Bima (IMBI) Mataram.!

  15. sekali lagi…!
    ne’e sodi: situs ini selalu online ya atau gimana?
    supaya bisa kita chating barengan tukar-tukar informasi antar dou mbojo…!
    gimana…?

  16. Tolong.dong.dikasih tau.kapan ada rencana seperti ini..lagi………….biar ingin ikut serta…dan gabung dengan rekan rekan……..untuk mudik bareng

  17. kalau sekiranya aku bisa ketemu dan bisa mengenal kalian lebih dekat maka hal pertama yang aku lakukan adalah memeluk dan mencium sebagai tanda bahwa aku sangat sayang dan rindu akan kalian semua.
    senang aku bisa mendapatkan dan mengenal kalian lewat ini.
    salam kenal……………..

    Billahittaufiq Walhidayat
    Wassallamu Alaikum Wr. Wb.

    Mhs Makassar (Nggira Kota Langgudu)

  18. Salam kenal buat… teman2 di Karumbu,BIMA…. saya punya kenangan banyak terutama dengan seorang gadis asal karumbu… Udahlah itukan masa lalu… Tapi sekarang (malam ini/22 Nop 08, di Jakarta,red) aku ketemu teman yang laen lagi dari Karumbu, hal itu membuka kenangan tentang masa laluku bersama gadis asal Karumbu,yang pernah istimewa (tapi aku yakin sekarang udah jadi ibu) … Ok… aku cuma mau tanya tentang kabarnya gimana???? Apa kabarmu teman??? Udah berapa putra/putrimu??? Salam(hormat/kenal) buat keluargamu di Bima…
    (Eko-Pupuk Kaltim,Bontang-Kaltim)

  19. assalamualaikum,bune menaja haba dou mbojo?mada cuma ne’e ngoa uta doho ma hengga ake.mai ta kasabua ade ta kalampa nggahi rawi pahu ma maja labo dahu.

  20. low warga Bima

  21. ass…..mada dou mbojo pala ake mada ara kalimantan mai kuliah..lingi ade podaku aka rasa kamanaeeeee..Oe lenga doho do rasa bune mena habamu?lingi poda nahu aka nggomi dohoke…Terutama aka “Ma Labo Inceku”..bune habata ina ro amae….lingi ade anata arake ta ita doho..(sembah sujud dri ananda irman)

  22. siapa aja saya minta info dimana sih kampung TEKE

  23. bagi lenga doho ma wara aka blog ake..ini no aku yg bisa km hubungin kalo seandainya lenga doho ne’e ndadi lenga nahu.(081237088110).tanks sebelumnya.

  24. Salam buat anak STKIP jrusan Biologi smester 3 Khusus buat CAHYANI ( Sayangku )

  25. buat teman2 yang kuliah di STKIP bima sampein salam aku Ya sama anak2 sila terutama alumni MAN 3 BIMA leting 06 salam kompak slalu..”GOOD LUCK FOR YOU FRIENDS”

  26. Assalamualaikum wr.wb..
    Bune haba’e….
    mada dou teke ake….salam kenal…..

    add mada bintang_kusuf@yahoo.com

  27. _Irae cina r0 angi_
    bt smua ank2 sma 1 k0bi angktan 2005,dimanapun kalian berada,il0veu all
    bt ank2 STKIP Bima,pr0dy Bimbingan dan Konseling,twetep Smangat y
    ank2 Pencak Silat Bantaran Angin jg,ttp smangat
    bt tm2 jauh hub.Kim di FB t0w FS yah
    kojiendo2103@yahoo.com

  28. Hai…!!! teman2 Q dei rupe or yang lg pada kuliah di STKIP, STAIN, IKIP mataram or dimana pun kalian berada, salam kangen dari Q-t ma nge’e dei rasa douke. Oh y…!!! bwt Muslimah, Sitisyah, Emiyati n’ Fariati masih ingat g waktu Q-t jalan2 ke oi u’a naik trek bwt bawa sapi? He…he…!!!
    Q-t klo inget itu jadi pengen pulang lagi nich…!!!

  29. Inilah karya putra-putri bima, saya sangat bangga sekali. Add; zoel_majid@yahoo.co.id
    Asli dou mbojo, tp tinggal di bandung

  30. salam kenal dou TEKE,,!!! (MIFTA KINCI KORO)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: